Jumat, 17 Agustus 2012 - 2 komentar

Ath Thurtusi mengkafirkan Imam Ghazali

oleh Abu Fairuz

Peran ulama tak semata mengajari muridnya untuk memahami agama. Sebagai pelanjut risalah para nabi, ulama memiliki tanggung jawab nan luhur dalam membimbing umat menuju kehidupan yang lebih baik. Dengan kapasitas ilmu yang dimiliki serta komitmen untuk menegakkan kebenaran, ulama berada pada garda terdepan. Walau yang dihadapi seorang penguasa, lantaran komitmennya yang tinggi dalam menegakkan kebenaran, seorang ulama mesti tampil menasehatinya. Itulah yang telah dilakukan oleh Imam Ath Thurtusi. Ketika Al Afdhal bin Amir Juyusy, seorang penguasa yang hidup di Mesir yang lekat dengan seorang Nashrani kemudian Imam Ath Thurtusi tandang ke hadapannya. Dibentangkannya kain yang dibawanya di bawah sang penguasa. Lantas ia pun menasehati Al Afdhal bin Amir Juyusy hingga penguasa itu meneteskan air mata. Nasehatnya yang menghujam ke relung kalbu mampu mengubah cara pandang sang penguasa. Al Afdhal bin Amir Juyusy pun akhirnya menjatuhkan putusan untuk mengusir karib Nashraninya itu.
Kepeduliannya untuk senantiasa menasehati penguasa tak sampai di situ saja. Tatkala Makmun bin Al Batha’ihi memegang jabatan menteri di Mesir setelah Al Afdhal bin Amir Juyusy menanggalkan jabatannya, Imam Ath Thurtusi pun menorehkan tinta bagi sang menteri. Lahirlah sebuah buku yang bertajuk Siraj Al Mulk yang diperuntukkan Makmun bin Al Batha’ihi.

Begitulah kiprah Imam At Thurtusi. Keluhuran komitmennya mampu mengantarkannya ke jantung istana kekuasaan dengan tanpa meluruhkan harkat keulamaannya. Kilau ilmu telah menjadikannya bersikap syaja’ah (berani).


Dasar pijak keilmuan Imam Ath Thurtusi memang tak diragukan. Hal ini bisa dilihat dari deretan ulama yang menjadi rujukan di kala dirinya menuntut ilmu. Tercatat seperti Al Qadli Abul Walid Al Baqi di Saraqusthah. Melalui ulama ini, Imam Ath Thurtusi banyak mempelajari beragam masalah yang dipertentangkan. Beliau pun mengkaji pula Sunan Abi Dawud melalui seorang ulama bernama Abu Ali At Tustari di Basrah, Irak. Abu Abdillah Ad Damaghani Rizqillah At Tamimi, Abu Abdillah Al Humaidi, Abu Bakar Asy Syasyi, dan sederet ulama lainnya menandakan kesungguhan dan kedalaman semangatnya dalam menelaah agama. Itu pun merupakan bukti betapa beliau teramat sangat mencintai ilmu.
Kecintaan beliau untuk menghidupkan ilmu dibuktikan dengan banyaknya murid yang belajar kepadanya. Tersebutlah nama nama yang meriwayatkan dari beliau, seperti Abu Thahir As Silafi, Al Faqih Sallam bin Al Muqaddam, Jauhar bin Du’lu Al Muqri, Al Faqih Shalih binti Mu’afi Al Maliki, Abdullah bin Ath Thaf Al Azadi, dan banyak lainnya. Selain itu, beliau pun banyak pula mengguratkan karya dengan hadirnya buku buku yang mengupas keharaman lagu, tentang zuhud, ta’liq tentang khilaf, bid’ah, keharusan berbuat baik kepada orang tua, bantahan terhadap Yahudi, Al Umud fi Ushul, dan karya tulis lainnya.
Karya beliau yang tergolong monumental adalah buku berjudul Al Hawadits ‘ala Al Bida’. Buku ini merupakan jawaban atas pertanyaan yang diajukan seseorang dari Andalusia berkenaan dengan penulis buku Ihya’ Ulumuddin, Abu Hamid Al Ghazali. Mengomentari penulis Ihya’ Ulumuddin ini, Imam At Thurtusi pernah menulis surat kepada Abdullah bin Muzhaffar sebagai berikut :
Semoga keselamatan atasmu. Aku pernah bertemu dan berbicara dengan Abu Hamid. Dia seorang yang cerdas dan sarat dengan pemahaman. Dia orang besar di masanya. Akan tetapi kemudian dia menyimpang dari jalannya para ulama. Masuk ke dalam debu para ‘ubbad (ahli ibadah) kemudian bertasawwuf. Dia menjauhi ilmu dan para ahlinya, masuk ke ilmu perasaan, dan was was setan mengalir dengan cepat. Dia mencela para fuqaha dengan madzhab madzhab filsafat dan rumus rumus Al Hallaj, menjauhi para fuqaha dan mutakallimin. Hampir saja dia murtad dari Islam.
Ketika dia menulis kitab Ihya’-nya, dia bersandar dan berbicara tentang ilmu ilmu ahwal dan rumus rumus sufi. Padahal dia juga tidak mengerti tentang itu. Akibatnya, dia tersungkur. Maka dia tidak mendapat tempat di kalangan para ulama kaum Muslimin dan orang orang zuhud. Dia pun memenuhi kitabnya dengan kedustaan yang diatasnamakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku tidak mengetahui sebuah kitab pun di dunia ini yang paling banyak berdusta atas nama Nabi kecuali kitab tersebut. Bila dikaitkan dengan madzhab madzhab filsafat, rumus rumus Al Hallaj, dan makna Rasail Shafa (sebuah tulisan yang berisi pemahaman bathiniyah dan ilhad) mereka menganggap bahwa kenabian adalah sebuah usaha. Nabi menurut mereka tidak lebih sama dengan orang yang utama. Dia berakhlak yang baik dan menjauhi main main. Dia melatih dirinya sampai bisa mengalahkan syahwat. Kemudian (setelah itu) menggiring orang orang dengan akhlak tersebut. Mereka mengingkari kalau Allah mengutus Rasul kepada manusia. Mereka menganggap mukjizat adalah titipan dan suatu kebetulan. Padahal Allah telah memuliakan Islam, menjelaskan hujjah hujjahnya, dan memutus alasan (bantahan, pent.) dengan dalil dalil.
Orang-orang yang ingin menolong Islam dengan madzhab filsafat dan rasio ilmu mantiq adalah seperti orang yang ingin mencuci baju dengan air kencing. Kemudian dia membawakan ucapan yang mengguncangkan dan mengagetkan, mengharap dan merindukan, hingga bila jiwa-jiwa telah dihiasi dengan itu, ia akan berkata :
“Ini ilmu muamalah. Setelah itu ilmu mukasyafah.” Hal itu tidak boleh ditulis dalam buku. Dia menambahkan : “Ini termasuk rahasia hati dan dilarang untuk disebarkan.”
Inilah rekayasa orang orang bathiniyah dan para penipu dalam agama, menganggap remeh dengan yang ada, dan menyebut jiwa dengan yang kosong (tidak ada). Inilah godaan kepada keyakinan jiwa atau hati dan menghina ucapan Al Jamaah. Jika orang ini (Al Ghazali) meyakini apa yang ia tulis, tidak menutup kemungkinan dia dihukumi sebagai orang kafir. Adapun jika tidak meyakini, alangkah hebat kemungkinan untuk dinyatakan sesat.
Adapun tentang pembakaran buku ini (Al Ihya’), demi jiwaku, bila dia menyebar di kalangan orang-orang yang tidak mempunyai ilmu, dengan racunnya yang membunuh, dikhawatirkan orang yang membaca akan meyakini bahwa hal itu adalah kebenaran. Membakar kitab itu sama dengan membakar mushaf yang dibakar oleh para shahabat dengan tujuan agar tidak menyelisihi mushaf Utsmani … .
Bahkan menurut Imam At Thurtusi, karya Abu Hamid Al Ghazali ini tak pantas disebut Ihya’ Ulumuddin (menghidupkan ilmu-ilmu agama), tetapi lebih pantas disebut dengan Imatatu Ulumuddin (mematikan ilmu ilmu agama).
Itulah sosok ulama, Imam At Thurtusi. Seorang ulama yang berasal dari Thurtusyah, wilayah sebelah utara Andalusia, lahir 451 H dengan nama Abu Bakar Muhammad bin Al Walid bin Khalaf bin Sulaiman bin Ayyub Al Fihri Al Andalusi Ath Thurtusi. Beliau juga digelari Al Imam, Al ‘Allamah, Al Qudwah, Az Zahid, Asy Syaikh madzhab Maliki. Beliau wafat di Iskandariyah, Mesir pada Jumadil Ula 530 H. Semoga Allah merahmatinya.
(Dikutip dari terjemah tulisan Imam Ath Thurtusi, dimuat dalam SALAFY 32/1420/1999/Ibrah])

2 komentar:

sufi zen 19 September 2012 10.35

As.w.w.
1. aku sudah menbaca sedikit buku Ihya (AlGhazli), dan yg aku dapati disana adalah Aqidah yg sesuai Sunnah Nabi (Al qur`an, Hadist,Sahabat2 dst);

2. Dia (Alghazali-Ihya...pent.) membuka/membimbing cakrawala pemikiran dari pembacanya, sesuai kemampuan daya intelektual pembacanya dalam specipikasi yg bodoh akan pandai dan yg pandai akan bertambah pandai yakni membuka apa yg tertutup, menjelaskan apa yg masih samar, menyatukan apa2 yg masih terpencar dan mengambil kesimpulan apa yg mejadi keputusan2 para pendahulunya dan tidak menyalahinya (yakni: Ulama2 Ahlus sunnah);

3. Dia (Alghazali-Ihya...pent.) mengajari pembacanya untuk melihat sesuatu perkara secara lahir bathin, sehingga "kebenaran akan terlihat itu adalah kebenaran dan kebohongan akan terlihat itu adalah kebohongan"

4. Dan buku itu (Ihya ...pent.) menurut hemat aku tidak lebih dari ilmu Muamalah, disana memuat apa yg menjadi kewajiban2, larangan2 dalam syariat Islam,yg boleh dan yg tidak, juga tradisi2 Islam masa awal dst;

5. Jika ada ilmu Mukasyafah didalamnya itu tidak lebih dari pengenalan hakekat tentang sesuatu kebenaran adalah kebenaran dan sebaliknya begitupun kebohongan, dan sesungguhnya itu ditujukan bagi para pembacanya - Pikiran dan Hatinya untuk menjalankan kewajiban2 dan menjauhi larangan2 dengan Ikhlas karena Allah semata;

6. Yang pada gilirannya, pembaca akan mengetahui dan menyadari pada dirinya sendiri apakah dirinya sudah menjalani syariat Islam dengan benar sesuai kebenaran atau kebohongan;

7. Yang aku madsud "pembaca" adalah Orang Islam secara keseluruhan karena (Ihya...pent.)merupakan bacaaan pengenalan Aqidah Dasar Islam dengan segala aspek khasanah kekayaan islam pada masa2 awal dan menembus pada ranah ranah khasanah Islam kemudian , bahkan sampai pada saat kita sekarang;

Sementara hanya itu saja komen aku, mengenai pendapat Imam Ath Thurtusi, berkaitan dengan Al Ghazali (Ihya...pent.) aku tidak sepaham dan itu aku anggap sebagai pendapat pribadi Imam Ath Thurtusi belaka jika memang itu pendapatnya, semoga mereka berdua dialam barzah selalu dalam karuniaNya.
selain dari pada itu aku disini ingin menjelaskan sebuah disckripsi tentang "Fitnah", Definisi fitnah adalah mengulang dan atau menceritakan kembali perbuatan dan atau perkataan orang lain dengan maksud dan tujuan tertentu (propaganda, adu domba, persaingan, kedengkian, kekuasaan dan kebathilan dst. minus kebaikan) dan apabila orang lain tsb. ternyata tidak berbicara dan berbuat seperti yg anda sampaikan, itu adalah Dusta, maka jadilah Fitnah dan Dusta, terlepas dari mana sumbernya, berhati hatilah kawan, untuk fitnah saja begitu berat sangsinya dihadapan Allah.

ok cukup sekian, semoga mata hatimu setajam mata Malaikat, thanks.-


Salam,

Ikhlas.

Adn4n 14 Februari 2013 02.45

Alhamdulillah. . Saling mengingatkan, memberi informasi, baik sedikit ataupun banyak, dgn niat insyallah karna Allah semata, agar kebenaran bisa mudah kita ikuti, dan laranganNya juga makin jelas dan mudah kita hindari, insyallah akan menjadikan umat islam makin cerdas dan terhindar dari perpecahan yang hanya akan menjadikan mudah diperalat dan dimanfaatkan oleh musuh musuh Allah. Allahu Akbar. . .!!!

Posting Komentar