
Wahabi
menyandarkan aqidahnya SESATNYA pada perkataan imam Abu hanifah yg
terdapat dalam syarah Fiqh al akbar hal 197-198 pensyarahnya adalah mula
ali alqori, perkataan tersebut :
Diriwayatkan
dari Abi Muthi’ al balkhi, sesungguhnya ia bertanya pada imam Abu
hanifah RA tentang orang yang berkata :‘Aku tidak tau apakah tuhanku
dilangit atau dibumi ? maka Beliau menjawab : Org tersebut telah KAFIR !
Karena Allah Taala berfirman :” Allah yang maha Rohman istawa diatas
arasy (QS. THOHA) Dan arasnya diatas 7 langitnya', bagaimana kalau ia
bertanya: ‘Allah diatas arasnya tapi aku tidak tahu apakah arasnya di
langit atau di bumi, maka Beliau menjawab lagi: Orang itu telah kafir
karena ia inkar akan adanya Allah dilangit,sebab Allah diatas iliyiin
(Abu Hanifah).
KITA JAWAB :
Riwayat
ini dusta dan batil,dan seolah menyatakan haqiqat dzat Allah diatas
langit,dan ini dibuat- buat atas imam abu hanifah Sebab:
- 1-Riwayat tersabut tidak ada dalam matan fiqhul akbar (karya abu hanifah), tetapi termasuk dalam masalah yang dicantumkan oleh pensyarah kitab tersabut yaitu Mula ali alqori.
- 2-DAN perowinya yaitu Abu muthi’ albalkhi sebagaimana dikatakan oleh ibnu abi al izzi bin abdissalam di dlm syarah at thohawi juz 2/480 menukil perkataan dari ibnu katsir: adapun abu muthi yaitu alhakam bin abdillah bin maslamah albalkhi tlah di doifkan oleh: Imam ahmad bin hambal juga yahya bin ma’in berkata : tdk ada apa-apanya, juga al bukhori berkata dia dhoif dengan pemikirannya,juga didoifkan oleh hatim ar razin, muhamad bin hiban,ibnu adi dan darqutni juga oleh yg lainnya.
TELAH
Berkata syekh musthofa abu saif alhamami dalam kitabnya (gaus al ibad
bibayani arrosyad hal 341-342)‘ dari penjelasn ini kita simpulkan 3 hal:
- 1-riwayat ini tidak ada dalam fiqh al akbar imam abu hanifah,tetapi hanya dinukil oleh penukilnya atas nama abu hanifah dengan menyandarkan pada kitab beliau FIQH AL AKBAR, dan itu kebohongan dan bid’ah aqidah.
- 2-perowinya dicela karena pemalsu maka tidak halal bersandar dengan riwayatnya dalam hukum furu, apalagi hukum usul, maka mengambil riwayatnya adalah khiyanat.
- 3-perowi ini telah divonis berdusta atas nama abu hanifah RA oleh imam izudin abdussalam seorang ulama yang tsiqoh.
Nah jika diperkirakan riwayat itu benar ???
Maka
telah menjawab syaikh imam izudin bin abdsalam dalam kitab hillur rumuz
seperti di nuqilkan oleh imam ali qori dalam syarahnya fiqh akbar hal
271, berkata imam izzu : bahwa orang yang berkata ‘saya tidak tahu
apakah Tuhan dilangit atau dibumi dihukumi kafir’, karenA ucapan
tersebut memberi prasangka bahwa Allah bertempat dan berarah, barang
siapa berfikiran seperti itu, maka ia adalah musyabih.
BERKATA MULA ALI ALQORI BAHWA IMAM IZUDIN BIN ABDISALAM ADALAH SEORANG ULAMA YANG UTAMA DAN TERPERCAYA.
PELAJARAN
DARI UCAPAN DIATAS BAHWA IMAM IZUDIN BIN ABDISALAM BERKATA: KUFURNYA
ORANG YANG BERKATA DENGAN UCAPAN DIATAS KARENA MENJADIKAN ALLAH DIBATASI
ARAH DAN TEMPAT, KETIKA ADA PADA ARAH DAN TEMPAT MAKA ALLAH BUTUH PADA
YANG MENCIPTANYA, DENGAN TIDAK RAGU LAGI, JADI MAKSUDNYA TIDAK SEPERTI
YANG DISANGKA OLEH KAUM MUSYABIH YANG MENYATAKAN ALLAH BERTEMPAT DIARASY
DI ATAS LANGIT DENGAN HUJAH PERKATAAN IMAM ABU HANIFAH, PADAHAL
SEBAGAIMANA TADI DIJELASKAN BAHWA PEROWINYA PENDUSTA MENURUT AHLI HADIS,
DAN IMAM ABU HANIFAH TELAH MENJELASKAN DI BANYAK HALAMAN DALAM KITABNYA
BAHWA ALLAH TIDAK BERTEMPAT DAN BERARAH, CONTOH : IMAM
ABU HANIFAH BERKATA DALAM KITABNYA ALWASIYAT HAL 61, SEPERTI JUGA DI
NUQIL DALAM SYARAH FIQH AL AKBAR : KAMI MENETAPKAN AYAT TENTANG ALLAH
ALA AL-ARSY ISTAWA’ DENGAN TIDAK MEMBUTUHKAN ARASYNYA DAN TIDAK
MENETAP,JUSTRU ALLAH YANG MENJAGA ARASY DAN YANG LAINYA,SEANDAINYA ALLAH
MEMBUTUHKANNYA, TIDAK LAH ALLAH AKAN KUASA MENCIPTA ALAM DAN
MENGATURNYA, SAMA SEPERTI MAHLUKNYA, MAKA ALLAH MAHA SUCI DARI HAL
TERSEBUT.
ADAPUN
PERKATAAN IBNU QOYYIM DALAM KITAB NUNIYAH-NYA BAHWA BERKATA NU’MAN (ABU
HANIFAH) DAN JUGA ABU YUSUF, ADAPUN UCAPAN NU’MAN YAITU BARANG SIAPA
TIDAK MENETAPKAN ALLAH BERADA DI ARASYNYA DIATAS LANGITNYA, DIATAS
SEGALA SESUATU, MAKA TIDAK RAGU LAGI TELAH KAFIR TRHADAP ALLAH’,INILAH
PERKATAAN DALAM FIQH AL AKBAR JUGA DLM BEBERAPA SYARAHNYA (IBNU
QOYYIM-RED).
NAH
ITU KEBOHONGAN TERHADAP IMAM ABU HANIFAH RA, SEBAGAIMANA TADI
DIJELASKAN BAHWA PERKATAAN ITU TIDAK ADA DALAM FIQH AL AKBAR, DAN KITAB
FIQH AL AKBAR ADA DI DEPAN KAMI DAN BISA DICARI, TOH GAK ADA UCAPAN
TERSABUT, JUGA TIDAK TERDAPAT JUGA PERKATAAN IMAM ABU YUSUF (TEMAN IMAM
ABU HANIFAH RA)
TELAH
BERKATA SYEIKH MUSTOFA AL HAMAMI DARI ULAMA AZHAR‘TIDAK RAGU LAGI INI
ADALAH KEDUSTAAN, JUGA BERKATA AL KAUTSARI DALAM KITAB TAKMILAH-NYA HAL
108:
MUNGKIN
WAHABI MASIH BANTAH HUJAH DI ATAS, DENGAN APA YG DI SEBUTKAN OLEH AD
DZAHABI KETIKA MENUKIL DARI IMAM BAEHAQI DALAM KITABNYA AL ASMA WA
SIFAT, YAITU ‘MERIWAYATKAN ALBAIHAQI BAHWA ALLAH DIATAS LANGIT DENGAN
RIWAYAT YANG DISANDARKAN KEPADA ABU HANIFAH DALAM ASMA WA SIFAT HAL 429,
DAN SETELAH UNGKAPAN TERSEBUT, BELIAU (ALBAI HAQI) BERKATA: IN SOHAT
ALHIKAYAT: KALO HIKAYAT INI SOHEH’ , NAH UCAPANNYA INI MENUNJUKAN BAHWA
IMAM DZAHABI LUPA ATAS QAYID PENTING YANG DI ISYARAHKAN ALBAIHAQI YAITU
UCAPAN: ''IN SOHAT ALHIKAYAT'', PADAHAL INI ISYARAH YANG KUAT BAHWA
DALAM RIWAYAT TERSEBUT BANYAK CACAT SEPERTI DIKATAKAN OLEH SYAIKH AL
KAUSARI DALAM KITAB TAKMILAHNYA HAL 180.
DAN
IMAM ALBAIHAQI MENYEBUTKAN DALAM BANYAK TEMPAT DI DALAM KITAB ASMA WA
SIFAT NYA BAHWA ALLAH DISUCIKAN DARI TEMPAT DAN BATASAN, CONTOH:
- 1 BERKATA ALBAIHAQI: TELAH BERDALIL SAHABAT-SAHABAT KAMI UNTUK MENAFIKAN TEMPAT BAGI ALLAH DENGAN HADIST:” ENGKAU YANG DOHIR MAKA TIDAK ADA SESUATU DIATASMU, DAN ENGKAU YG BATIN MAKA TIDAK ADA SESUATU DIBAWAHMU (HR. MUSLIM) (KITAB AL ASMA WA AS SIFAT HAL 400)“
- 2 BERKATA ALBAIHAQI: SESUNGGUHNYA ALLAH TA’ALA TIDAK BERTEMPAT, KARENA BERGERAK, DIAM DAN BERTEMPAT ADALAH SIFAT JISIM/BENDA DAN ALLAH MAHA ESA ADALAH TEMPAT BERSANDAR DAN TIDAK ADA YANG SEMISAL DENGANNYA. (KTB AL ASMA WA AS SIFAT HAL 448-449)
MAKA JELAS KLAIM MEREKA BAHWA ALLAH BERTEMPAT DIATAS ARAS DENGAN BERSANDARKAN KALAM ABU HANIFAH ADALAH BATHILL…!!!
0 komentar:
Posting Komentar